8 Cara Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Bagaimana mencegah anak kecanduan atau ketergantungan teknologi (gadget) di zaman sekarang? Hal ini pasti dilema bagi banyak orang tua. Teknologi dapat memberikan pengaruh positif dan negatif untuk anak. Berikut 8 cara untuk mencegah dan mengurangi kecanduan teknologi pada anak, Anda bisa mencoba beberapa strategi berikut.

1. Batasi Waktu Layar (Screen Time)

Tentukan waktu yang jelas untuk penggunaan perangkat, seperti maksimal 1-2 jam sehari, buat jadwal harian, dan gunakan timer. Orang tua dapat melibatkan anak dalam mengatur waktu layar mereka dan berdiskusi tentang manfaat mengatur waktu layar.

2. Ajak Beraktivitas Luar Ruangan

Ciptakan kebiasaan berolahraga atau bermain di luar, seperti berjalan-jalan, memasak, bersepeda, atau bermain di taman.

3. Tawarkan Alternatif

Sediakan aktivitas lain yang menarik (tanpa layar), seperti membaca buku, menggambar, atau bermain permainan papan.

4. Jadwalkan Waktu Tanpa Teknologi

Tentukan waktu tertentu, seperti saat makan malam, untuk tidak menggunakan perangkat. Orang tua juga dapat menjadwalkan quality time setelah pukul 18.00 WIB untuk tidak menggunakan teknologi.

5. Modelkan Perilaku Baik

Tunjukkan kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi. Anak sering meniru perilaku orang dewasa. Batasi penggunaan teknologi dan asyik sendiri dengan HP saat di depan anak. Orang tua dapat meminta izin untuk mengangkat telepon dan alasan untuk segera menggunakan telepon saat di depan anak.

6. Diskusikan Konten

Ajak anak berdiskusi tentang apa yang mereka tonton atau mainkan, agar mereka lebih sadar tentang penggunaan teknologi. Aplikasi apa saja yang baik dan sesuai untuk usianya. Orang tua juga dapat mewajibkan anak bercerita setelah menonton konten tertentu saat quality time, seperti "Apa yang adik tonton tadi? Apa yang diceritakan disana? Apakah perilaku tokoh tersebut baik? Jika adik menjadi tokoh tersebut, apa yang adik lakukan?". Orang tua juga dapat bercerita tentang hal yang ditonton kepada anak.

7. Ciptakan Ruang Tanpa Teknologi

Buat area di rumah, seperti kamar tidur atau ruang makan, yang bebas dari perangkat elektronik.

8. Fokus pada Keterampilan Sosial

Ajak anak berinteraksi dengan teman-temannya secara langsung untuk meningkatkan keterampilan sosialnya. Dari kegiatan bercerita (tanpa layar), orang tua dapat memberikan pertanyaan pemantik agar anak bercerita tentang hal yang ia tonton, mainkan, dan kegiatan nya selama disekolah.

Baca juga: 


Dengan pendekatan ini, diharapkan anak bisa lebih seimbang dalam menggunakan teknologi dan menikmati aktivitas lain. Itulah 8 cara mencegah anak kecanduan atau ketergantungan teknologi (gadget) di zaman sekarang


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel