Seru! Kegiatan Santri Weekend Habib Novel Alaydrus, Masjid Ar-Raudhah Solo

Hai, saya ingin berbagi pengalaman selama ikut program Santri Weekend (Sanweek) di Ar-Raudhah, Solo Jawa Tengah. Hal ini berawal dari teman haul Solo yang mengajak saya untuk ikut program Sanweek. Motivasi saya adalah mencari teman dan pengalaman baru.


Saya berangkat dari stasiun Papar, Kediri dan turun di stasiun Purwosari, Surakarta. Kemudian, saya melanjutkan perjalanan dengan ojek online menuju Majelis Ar-Raudhah. Saya tiba di lokasi pada hari Jumat malam. Seharusnya, saya bisa lebih pagi. Hal ini terjadi karena hanya tersisa satu jadwal tiket kereta.
Santri weekend habib novel alaydrus ar raudhah
Santri Weekend Habib Novel Alaydrus

Saat sampai, pengajian sedang berlangsung. Dan saya langsung ikut duduk di bagian jamaah putri. Ternyata malam itu ada pengajian rutin, dimana warga sekitar juga turut serta. Setelah acara selesai, kita semua makan bersama. Program ini gratis dan boleh diikuti oleh siapapun. Mahasiswa ataupun pekerja.


Setelah makan, kami dipersilahkan untuk bersih diri, sholat, dan istirahat. Keesokan harinya, kami sholat shubuh berjamaah, membaca dzikir, ratib, dan sholawat sampai syuruq. 


Bacaan akan dibagikan di grup WhatsApp. Setelah itu, ada sarapan, ngopi, dan snack. Kegiatan dilanjutkan dengan pengajian motivasi, games, lalu sholat dhuhur berjamaah. Kami dipersilahkan untuk bersih diri dan istirahat.


Saat ashar, kami ada sholat jamaah, dzikir, lalu pengajian tanya jawab sampai waktu isya. Malamnya, kami ada kegiatan pengajian lagi.


Keesokan harinya, yaitu hari Minggu kita melakukan kegiatan seperti biasanya. Ziarah makam habib. 
Ziarah Makam Masjid Ar-Raudhah, Pasar Kliwon, Surakarta


Tata tertib selama program biasa saja, seperti tidak merokok, santri putra memakai peci (putih), tidak boleh keluar area pondok (tanpa ijin), makan dan minum disediakan, membawa perlengkapan dari rumah (tidak keluar pondok), pakaian sopan menutup aurat.


Hal yang perlu dibawa dari rumah adalah air minum, cemilan, roti, lauk, odol, dan sabun. Ini bertujuan bagi kalian yang ingin makan lebih karena memang kami tidak boleh keluar sembarangan. Jadi, siap kan hal penting yang perlu dibeli atau dibawa.


Untuk tempat tidur dan kamar mandi aman. Ada kipas dan kasur. Siapkan saja baju dan alat tulis. Selama disana, saya memang berniat mendapat teman sebanyak-banyaknya. Saya gunakan waktu untuk mengobrol dan bertukar nomor WhatsApp. Saya pulang lebih awal, yaitu Minggu pagi karena jadwal kereta satu-satunya tinggal itu. 




Semoga saya bisa datang kembali bersama orang tercinta. Tidak perlu risau, jika anda belum pernah mondok sebelumnya. Disini, menyenangkan. Dan terima kasih sudah membaca pengalaman saya sampai selesai

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel