Asyik! Cooking Class Pizza Teflon Sederhana

Kegiatan membuat roti dengan memanfaatkan ragi instan adalah proses sains yang sering manusia temukan di kehidupan sehari-hari. Mengajari anak tentang reaksi ragi dan gula adalah hal yang menarik. Ragi akan hidup dengan adanya gula yang larut dalam suhu yang hangat kuku. Saya menyebut dengan istilah jorok hangat air kencing.


Anak-anak begitu antusias untuk membuat pizza. Saya bagi dua puluh anak menjadi lima kelompok. Setiap kelompok menyediakan alat dan bahan berikut:

1. Baskom plastik (kecil)

2. Sendok

3. Kertas minyak

4. Terigu protein sedang (segitiga biru) 6 sendok makan tinggi

5. 2 sendok makan penuh susu kenal manis

6. 3 sendok makan penuh minyak goreng

7. 2 sendok teh gula


Saya memberi arahan di depan untuk mencampurkam bahan tadi dalam baskom plastik.

Pizza Cooking Class di sekolah dasar
Pizza Cooking Class

Saya menunjukkan pembuatan ragi instan dengan air hangat kuku satu gelas, 5 sendok makan gula, dan ragi instan 3 sendok teh penuh. Saya aduk hingga larut. Lalu, tutup. Anak-anak akan melihat buih yang muncul saat rekasi ragi dan gula berhasil. Saya membagikan air ragi dengan adik (4-5 sendok makan).


Saya membiarkan mereka mengaduk adonan dengan tangan, lalu menutup nya terbalik dengan baskom plastik. Saya meminta mereka menunggu hingga 30 menil sambil menyiapkan taburan (sosis iris, keju parut, mayonais, dan saos).


Adonan yang sudah mengembang akan ditata di teflon yang telah diberi minyak goreng untuk dipanaskan. Balik adonan agar matang merata sambil diberi minyak lagi. Roti yang sudah jadi siap untuk diberi taburan.

Baca juga : Larutan Kunyit sebagai Indikator pH | Kolaborasi Seni & Sains

Kesimpulan 


Kegiatan peragian pada adonan roti pizza adalah salah satu percobaan sains sederhana yang bisa diajarkan pada anak di kelas memasak (cooking class).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel